Uang Celengan Penjaga SD Puluhan Juta Rusak

Viral Uang Celengan Rp 50 Juta Untuk Naik Haji Habis Dimakan Rayap, Begini Cara Menabung di Rumah yang Aman - Bangkapos.com

 Uang Celengan Penjaga SD Puluhan Juta Rusak Di makan Rayap, Ini Kata Gibran

Viral Uang Celengan Rp 50 Juta Untuk Naik Haji Habis Dimakan Rayap.

Uang Celengan Penjaga SD Puluhan Juta Rusak di makan Rayap. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengimbau agar masyarakat Solo untuk menyimpan uang di tempat yang aman, terutama di bank. Imbauan itu di kemukakan putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, menanggapi kejadian yang di alami oleh seorang warga Kota Solo bernama Samin, yang uangnya rusak akibat di makan rayap.

Imbauan dari saya agar (uang) di simpan di bank saja, ujar Gibran. Saat di mintai tanggapan perihal kejadian yang di alami Samin. Samin merupakan seorang penjaga sekolah di SD Negeri (SDN) Lojiwetan, Kelurahan Kedunglumbu, Kecamatan Pasarkliwon, Solo.

Jerih Payah Penjaga Sekolah

Pada Selasa, 13 September 2022, Samin mendapati uang yang telah susah-payah di kumpulkannya sekitar 2,5 tahun terakhir ini, rusak gara-gara di makan rayap. Selama itu, uang-uang tersebut di simpannya dalam celengan plastik. Sedianya, uang tabungan Samin akan di gunakannya

untuk mendaftar ibadah haji bersama istri dan dua anak nya. Uang itu memang saya masukkan ke dalam dua celengan plastik. Dan saya simpan di kamar, di depan (tempat tidur),” tutur Samin kepada awak media di SDN Lojiwetan, Selasa. Sejak sebelum pandemi Covid-19 melanda,

Samin bersama istrinya, Kadarwati, 48, memang sengaja menyisihkan sebagian uangnya untuk di tabung dengan cara di masukkan ke dalam celengan plastik setiap hari. Uang itu berasal dari sebagian gajinya, dari hasil berjualan sang istri di kantin sekolah. Atau ketika mendapat uang tambahan dari guru-guru sekolah.

Karena telah membantu menyiapkan minuman hingga membantu serabutan. “Pokoknya setiap ada rezeki, saya dan istri membiasakan diri menyisihkan uang setiap hari untuk di tabung karena sudah niat ingin daftar haji,” kata Samin.

Pada Selasa pagi itu, Samin berencana membuka dua celengannya karena di rasa sudah penuh. Ia pun menyuruh istrinya untuk mengambil dan membuka celengan-celengan itu agar bisa di hitung.

Celengan Dihabisi Rayap

“Celengan yang satu sudah penuh sekali sampai tidak bisa di masuki uang lagi. Yang satunya juga, jadi saya minta istri untuk buka, kalau cukup buat daftar haji,” katanya. Namun alangkah terkejutnya Samin dan sang istri. Ketika mendapati uang mereka dalam celengan itu dalam kondisi rusak karena di makan rayap.

Setelah membongkar kedua celengan plastik itu. Mereka pun mengurai semua uang dalam celengan untuk di pilah-pilah. Memisahkan uang yang rusak berat, sedang, dan yang masih bisa di selamatkan. Tadi di bantu beberapa guru di sini, di pilih yang masih baik supaya bisa di tukarkan ke Bank Indonesia,” katanya.

Setelah di urai dan di pilah, uang yang masih bisa di selamatkan dan kondisinya masih baik, kemudian di hitung. “Ini sebagian dari celengan kedua masih bisa di selamatkan. Kondisinya masih baik. Ada sekitar 50 juta kurang 200 (200 ribu). Yang banyak rusak uang yang di simpan di celengan pertama, nilainya lebih banyak,” katanya.

Related Posts