Sidang Etik Ferdy Sambo Berjalan

Sidang Etik Ferdy Sambo Berjalan hingga Berganti Hari, Putusan Masih Disusun

Sidang Etik Ferdy Sambo Berjalan

Sidang Etik Ferdy Sambo berjalan hingga berganti hari. Mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Irjen Ferdy Sambo terlihat dalam gambar. Foto tersebut diambil sebelum masuk ke ruang sidang KKEP di Gedung TNCC,

Mabes Polri, Jakarta, Kamis (15/8/2022) Sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) terhadap Irjen Ferdy Sambo masih terus berlangsung hingga 15 jam. Bahkan telah berganti hari. Adapun sidang etik di mulai pada Kamis (25/8/2022) pukul 09.25 WIB. Dan masih berlangsung hingga kini, Jumat (26/8/2022) pukul 0.30 WIB.

Sidang di gelar di Gedung TNCC Mabes Polri, Jakarta Selatan. Pantauan di lokasi, pimpinan sidang etik tampak keluar dari ruang sidang. Mereka enggan berbicara kepada awak media. Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, sidang terhadap nasib Ferdy Sambo belum selesai.

Belum putusan,” ujar Dedi di Gedung TNCC Mabes Polri, Jakarta, Jumat dini hari. Dedi mengatakan, proses sidang etik ini masih panjang. Sebab, tim sidang baru membaca tuntutan terhadap Ferdy. Kemudian, sidang dilanjutkan dengan pembacaan pembelaan dari Ferdy Sambo.

Selanjutnya, agenda sidang akan memasuki pembacaan putusan. “Ini nyusun putusan dulu, segini (sambil menunjukkan gestur ketebalan),” ucapnya. Di beritakan sebelumnya, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah mengatakan, sebanyak 15 saksi yang di hadirkan

pada sidang etik Sambo sudah selesai diperiksa semua. Nurul membeberkan, para tersangka di kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J turut di hadirkan. Di antaranya Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Bripka Ricky Rizal, dan Kuat Ma’ruf.

Daftar 15 Saksi Dihadirkan Dalam Sidang Kode Etik FS

Berikut daftar nama-nama 15 saksi yang di hadirkan, dari tempat khusus di Mako Brimob terdapat 5 nama yakni:

1. HK (Brigjen Pol Hendra Kurniawan)

2. BA (Brigjen Pol Benny Ali)

3. AN (Kombes Agus Nurpatria)

4. S (Kombes Susanto)

5. BH (Kombes Budhi Herdi)

Untuk saksi dari patsus Provos Propam:

1. RS (AKBP Ridwan Soplanit)

2. AR (AKBP Arif Rahman)

3. ACN (AKBP Arif Cahya)

4. CP (Kompol Chuk Putranto)

5. RS (AKP Rifaizal Samual)

Sedangkan saksi dari patsus Bareskrim:

1. RR (Bripka Ricky Rizal)

2. KM (Kuat Ma’ruf)

3. Bharada Richard Eliezer via Zoom

Terakhir 2 Nama Saksi dari luar patsus:

1. HN (Brigjen Pol Hari Nugroho)

2. MB (Kombes Murbani Budi Pitono)

Sidang KKEP terhadap Irjen Ferdy Sambo yang menjadi tersangka pembunuhan berencana. Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J digelar Kamis, 25 Agustus. Adapun dalam sidang etik tersebut akan menentukan nasib dari status Ferdy Sambo sebagai anggota Polri.

Acara Sidang KKEP ini di pimpin oleh seorang jenderal bintang tiga. Yaitu Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Komjen Ahmad Dofiri.

Related Posts