Prajurit TNI Sertu Eka Hasugian Tewas Ditembak

Prajurit TNI Sertu Eka Hasugian Tewas Ditembak

https://medan.tribunnews.com/2022/03/31/prajurit-tni-sertu-eka-hasugian-tewas-ditembak-sang-istri-tewas-digorok-dua-anak-kecilnya-selamat?page=3

 

Prajurit TNI Sertu Eka Hasugian Tewas Ditembak, Sang Istri Tewas Digorok, Dua Anak Kecilnya SelamatSertu Eka Hasugian dan istrinya tewas di rumahnya diserang KKB Papua, sementara kedua anaknya ditemukan selamat.

TRIBUN-MEDAN.COM – Lagi-lagi prajurit TNI tewas di Papua.

Wilson Anderson Disini bergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Muara dan Pesisir (Mupe) Korps Marinir TNI AL di Pos Quary Bawah.

 

Dikutip dari liputan Kompas TV, kini seorang anggota TNI yang merupakan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Pos Ramil Elelim, Kampung Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua, ditemukan tewas di sebuah kios sembako.

Prajurit TNI tersebut bernama Sertu Andri Eka Hasugian.

Ia tewas dengan luka tembak di bagian bawah ketiak kanan yang tembus hingga di perut bagian kiri.

Jenazah Sertu Andri Eka Hasugian dan Lestari Ibdah Putri. Sementara kedua anak kecilnya selamat. Satu anaknya berbaju merah tengah berlumuran darah karena memeluk ayah dan ibunya yang bersimbah darah.

Sementara itu, sang istri bernama Lestari Ibdah Putri juga tewas dengan luka sabetan parang di bagian punggung hingga leher bagian belakang.

Kejadian tersebut dikabarkan pada Kamis (31/3) sekira pukul 11.58 WIB.

Dikutip dari pemberitaan Kompas TV siang, pembunuhan terhadap pasangan suami istri ini diduga kuat dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Di lokasi kejadian ditemukan proyektil dan selongsong peluru kaliber 5.39 mm AK-47.

Sehari sebelum Sertu Andri Eka Hasugian dan istri, Lestari Ibdah Putri, ditemukan tewas, telah terjadi pembakaran gedung sekolah dasar dan menganiaya guru di Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Rabu (30/3/2022).

Pembakaran dilaporkan dilakukan KKB pimpinan Undius Kogoya dan Aibon Kogoya.

Rumah dan gedung terbakar KKB Papua (HO / Tribun Medan)

Berdasarkan informasi yang dikutip dari media lokal mitrapost, Danramil 20/Tambakromo Kodim 0718/Pati Cba M. Zuhri Antoro menjelaskan korban bernama Sertu Andri Eka Hasugian mengalami luka tembak di bagian ketiak kanan dan menembus badan.

Sedangkan istrinya meninggal saat akan dibawa ke puskesmas terdekat karena terkena luka sabetan benda tajam di bagian leher. Sedangkan, doa anak laki-laki korban yang berumur 3 dan 4 tahun selamat dari insiden brutal tersebut. Kedua anaknya sudah ada dan dibawa ke Puskesmas Yalimo.

Menurut Bambang Suhono selaku Kepala Desa (Kades) Pohgading yang juga merupakan saudara korban, mendiang Sertu Eka Hasugian menuturkan, Sertu Eka Hasugian akan dimakamkan di kota asalnya Sidoarjo Jawa Timur. Sedangkan, istrinya akan dimakamkan di tempat kelahirannya Desa Pohgading, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati.

“Untuk korban laki-laki akan dikuburkan di Sidoarjo, sedangkan istrinya akan dimakamkan di Pohgading, kampung halamannya,” ujar Bambang.

Saat ini pihak keluarga dari Sri Lestari Indah Putri telah melakukan penjemputan jenazah ke Bandara Juanda Surabaya.

“Saya dalam perjalanan menjemput jenazah ke Bandara Juanda Surabaya, mewakili pihak keluarga korban. Karena korban wanita masih saudara saya, bisa disebut keponakan saya,” ujar Bambang..

Menurut informasi yang disampaikan oleh Kasi Propam Polres Yalimo, Ipda Ferdi Bilolo, Sertu Eka Andriyanto Hasugian menyatakan sebagai Babinsa Kp. Meagaima Ramil 1702-5/Kurulu Dim 1702/Jwy Rem 172/Pwy Dam XVII/Cen.

Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan memimpin upacara pemakaman

Diberitakan sebelumnya, Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan memimpin upacara pemakaman Praka Mar (Anumerta) Wilson Anderson Here di Jalan Oekalipi, RT/RW: 16/06, Sikumana, Sikumana, Kota Kupang NTT, Rabu (30/3/2022 ) pagi.

Praka Mar (Anumerta) Wilson Anderson Here is Prajurit Pasmar 2 Korps Marinir TNI Angkatan Laut, yang gugur akibat gangguan keamanan oleh Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) Kodap III Ndugama yang melakukan serangan terhadap Satuan Tugas (Satgas) Muara dan Pesisir (Mupe) Korps Marinir TNI AL di Pos Quary Bawah, Distrik Kenyam, Nduga, Papua.

Dalam amanatnya Komandan Pasmar 2 mengatakan bahwa sebagai inspektur upacara dan atas nama bangsa dan negara, saya sampaikan turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya serta memohon kepada Tuhan Yang Maha Pengasih, semoga keluarga yang ditinggalkan ketabahan, kesabaran dan kekuatan dalam menghadapi cobaan ini.

Tidak lupa saya atas nama TNI Angkatan Laut juga mengucapkan terima kasih, kepada semua pihak yang telah memberikan bantuannya dengan tulus baik itu maupun materiil, sehingga terlaksananya upacara ini dengan baik dan lancar. Mudah-mudahan semua amal baik bapak-bapak, ibu -ibu serta saudara-saudara sekalian mendapat balasan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.”

 

Related Posts