Pernikahan Kaesang dan Erina

Pernikahan Kaesang dan Erina

Pernikahan Kaesang dan Erina

Pernikahan Kaesang dan Erina, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi antusiasme masyarakat yang luar biasa saat menyambut prosesi kirab Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022).

“Ya mungkin pengen melihat mas kaesang yang badannya gede, mungkin,” ucap Jokowi sambil tertawa, usai acara tasyakuran Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaraan Solo Jawa Tengah, Minggu.

Dia bersyukur karena seluruh rangkaian acara pernikahan putra bungsunya berjalan dengan lancar. Mulai dari, pengajian dan semaan Al-Qur’an, siraman, midodareni, kirab, hingga tasyakuran.

“Semua alhamdulilah semuanya berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Jokowi pun mengucapkan terima kasih lepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran seluruh proses pernikahan Kaesang dan Erina. Ia juga memohon maaf jika ada masyarakat yang merasa terganggu.

“Kami sekeluarga dan keluarga Ibu Sofia Gudono menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan semua proses, utamanya ijab kabul dan tasyakuran sudah berjalan dengan baik,” ungkapnya.

“Juga sekali lagi kami mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada masyarakat yang kurang nyaman dan terganggu pada saat perhelatan pernikahan anak-anak kami,” sambung Jokowi.

Melakukan Kirab

Seperti diketahui, Kaesang-Erina beserta keluarga melakukan kirab pernikahan menuju Pura Mangkunegaraan, lokasi tasyakuran pernikahan, Minggu pagi tadi. Mereka menaiki kereta kencana menuju Pura Mangkunegaraan lautan masyarakat tampak memadati kawasan Pura Mangkunegaraan untuk menunggu kedatangan kirab Kaesang-Erina. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak kecil juga sangat antusias menunggu.

Beberapa dari mereka digendong oleh orang tuanya baik di pinggang maupun di pundak. Mereka sangat senang sambil melambaikan tangan saat kereta kencana rangkaian Kaesang-Erina tiba di Pura Mangkunegaraan.

Sejumlah warga pun juga menunggu kedatangan pengantin baru itu di Pura Mangkunegaraan. Tak tanggung-tanggung, warga bahkan sudah ada yang menunggu sejak pukul 05.00 WIB.

“Saya sampai disini jam 5 subuh, udah rapi, dandan dari jam 3 (pagi),

Baca Juga  TIKTOK Kasus KDRT Venna Melinda

Anies Baswedan Hadiri Tasyakuran Pernikahan Kaesang dan Erina

Pernikahan Kaesang dan Erina

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara tasyakuran pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaraan Solo Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). Anies datang bersama sang istri, Ferry Farhati.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Anies Baswedan dan istrinya tampak mengantre untuk bersalaman dengan Kaesang dan Erina di pelaminan. Anies yang memakai setelan jas pun menyalami Jokowi, Ibu Negara Iriana, Kaesang dan Erina serta keluarganya. Namun, Anies dan istrinya tidak melakukan sesi foto bersama dengan Kaesang-Erina. Ibu Erina sempat memberi tempat kepada Anies untuk berfoto bersama.

Namun, Anies tak jadi berfoto bersama dengan kedua mempelai dan langsung berpamitan. Hal ini dikarenakan antrean tamu untuk bersalaman dengan Kaesang dan Erina semakin panjang.

Sebagai informasi, Kaesang dan Erina menjalani proses ngunduh mantu di rumah dinas Wali Kota Surakarta, Loji Gandrung pada Minggu pagi tadi. Setelah itu, keduanya di dampingi keluarga melakukan proses kirab dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaraan.

Menteri Hadir Dalam  Pernikahan Kaesang dan Erina

Sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju pun telah hadir di acara tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina. Mereka antara lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate,

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.Kemudian, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, PUPR Basuki Hadimuljono,

Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Perdagangan Zulkifli Hasan.

Menteri PDDT Abdul Halim Iskandar, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Tampak pula Menpora Zainudin Amali, Menteri PAN RB Azwar Anas, Menlu Retno Marsudi, Menteri Sosial Tri Rismaharani, Menaker Ida Fauziyah, hingga Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga.

Belum terlihat kehadiran Prabowo di tasyakuran Kaesang dan Erina. Namun, Prabowo dan sejumlah menteri yang belum hadir kemungkinan akan hadir pada sesi berikutnya. Adapun tasyakuran dibagi ke dua sesi yakni, pukul 09.30 WIB dan 19.00 WIB.

Baca Juga  Latto-Latto Makan Korban Ibu-Ibu Haru Memperhatikan anaknya

Total ada 6.000 tamu undangan yang diperkirakan hadir dalam tasyakuran ini, mulai dari menteri, pejabat negara, hingga masyarakat umum. Salah satu yang akan hadir yakni, Pangeran Arab Saudi.

Ribuan Relawan Jokowi Hadiri Resepsi Pernikahan Kaesang-Erina

Ribuan relawan Jokowi ikut menghadiri acara tasyakuran pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (11/12/2022).

Pantauan Liputan6.com, para relawan Jokowi telah berdatangan di sekitar kawasan Pura Mangkuengaran sejak pukul 06.30 WIB.

Selain ingin menghadiri resepsi, mereka juga menyaksikan momen kirab kedua calon mempelai dan keluarga Jokowi lainnya.

Setelah iring-iringan kereta kencana yang membawa mempelai dan keluarga besar, kedua pengantin memasuki gerbang Pura Mangkunegaran. Para relawan kemudian berduyun-duyun masuk ke pintu gerbang.

Mereka rela mengantre dan berdesakan untuk bisa masuk ke Pura Mangkunegaran melalui pintu pengecekan. Hanya saja yang membedakan para relawan hanya diperkenankan memasuki dua tenda raksasa yang didirikan di pamedan Pura Mangkunegaran.

Para relawan yang hadir dalam prosesi pernikahan Kaesang dan Erina tidak hanya Solo dak sekitarnya tetapi juga dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka berdatangan ke Solo sejak Sabtu kemarin.

Salah satu relawan Jokowi dari elemen Garda Jokowi, Liz mengaku sangat senang bisa diundang untuk menghadiri pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi.

“Ini saya datang bersama dengan teman-teman dari DPP Garda Jokowi Jakarta. Saya sangat bersyukur bisa hadir di Solo untuk mengikuti prosesi pernikahan Mas Kaesang” kata Liz.

Ribuan relawan itu dibagi ke dalam dua tenda besar yang berdiri di sebelah timur dan barat jalan akses Pamedan Pura Mangkunegaran. Di dalam tenda disediakan layar besar agar bisa menyaksikan resepsi pernikahan di Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran.

Resepsi Malam Pernikahan Kaesang-Erina, Prabowo Hadir Pakai Beskap

Acara tasyakuran atau resepsi pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran Kota Solo Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022), kembali dilanjutkan pada sesi kedua atau malam hari. Kaesang tampak memakai busana berwarna merah serta topi adat Jawa Kuluk. Erina juga memakai kebaya dengan warna yang sama, dengan sedikit sentuhan emas di bajunya. Kemuduan, mereka berjalan menuju pelaminan. Para tamu undangan pun mulai memberikan ucapan kepada Kaesang dan Erina, dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Baca Juga  Anak Buah Ferdy Sambo

Resepsi malam ini dihadiri oleh sejumlah menteri serta pejabat negara. Mereka antara lain, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Wakil Presiden ke-11 Boediono, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsat Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md.

Kemudian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Guruh Soekarnoputra, hingga Guntur Soekarnoputra. Tampak pula kehadiran Prabowo Subianto yang memakai beskap hitam.

Jokowi: Terima Kasih Warga yang Meriahkan Kirab Kaesang-Erina

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah hadir memeriahkan kirab pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) pagi. Adapun kirab dilakukan dari rumah Walikota Solo, Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaraan.

“Saya menghaturkan terima kasih kepada masyarakat yang telah hadir dan ikut memeriahkan kirab pernikahan Kaesang dan Erina di Kota Solo hari ini,” kata Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Minggu (11/12/2022).

Dia pun menyampaikan terima kasih atas doa dan harapan baik untuk Kaesang dan Erina. Jokowi juga meminta maaf apabila rangkaian pernikahan putra bungsunya itu mengganggu aktivitas masyarakat.

“Terima kasih atas doa dan harapan baiknya kepada kedua mempelai,” ucapnya.

“Saya dan keluarga mohon maaf kepada Bapak/Ibu dan Saudara-Saudara warga Kota Solo yang hari ini aktivitasnya terganggu oleh acara ini,” sambung Jokowi.

Sebagai informasi, Kaesang dan Erina menjalani proses ngunduh mantu di rumah dinas Wali Kota Surakarta, Loji Gandrung pada Minggu pagi tadi. Setelah itu, keduanya didampingi keluarga melakukan proses kirab dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaraan.

Total ada 6.000 tamu undangan yang diperkirakan hadir dalam tasyakuran ini, mulai dari menteri, pejabat negara, hingga masyarakat umum. Salah satu yang akan hadir yakni, Pangeran Arab Saudi.

Previous post Aksi Bom Bunuh Diri Di Polsek Yang Memakan Korban
Next post Motif Pelaku Bom Astana