Oleh-Oleh Khas Salatiga

Oleh-Oleh Khas Salatiga – Salatiga, sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, terkenal bukan hanya karena keindahan alamnya, tetapi juga karena oleh-oleh khasnya yang menggugah selera. Oleh-oleh khas Salatiga menjadi salah satu hal yang di cari oleh wisatawan dan pengunjung yang ingin membawa pulang kenangan dan cita rasa unik dari kota ini. Nah pda kesempatan kali ini mimin akan membagikan beberapa Oleh-Oleh Khas Salatiga yang dapat sobat tiktok dapat kunjungi berikut ini:

1. Enting-Enting Gepuk

Enting-enting gepuk adalah salah satu oleh-oleh khas Salatiga yang sangat terkenal dan di cari oleh banyak pengunjung. Makanan ini terbuat dari bahan dasar daging sapi yang di rebus, di olah dengan bumbu khas, dan di jemur hingga kering. Kemudian, daging sapi tersebut di potong menjadi irisan tipis dan di goreng dengan minyak hingga renyah. Enting-enting gepuk memiliki tekstur yang garing di luar namun tetap lembut di dalam, dengan rasa yang gurih dan sedikit pedas. Oleh-oleh ini menjadi pilihan yang tepat untuk di jadikan camilan atau sebagai oleh-oleh yang disajikan dalam acara khusus. Dengan cita rasa yang khas dan keunikan dari Salatiga, enting-enting gepuk merupakan oleh-oleh yang wajib di coba bagi siapa pun yang berkunjung ke kota ini.

2. Ampyang

Ampyang merupakan salah satu oleh-oleh khas Salatiga yang sangat populer dan di minati oleh banyak orang. k terbuat dari bahan dasar kelapa parut yang di campur dengan gula kelapa cair. Kemudian, campuran tersebut di panggang hingga mengering dan membentuk tekstur yang renyah. Ampyang Salatiga memiliki cita rasa yang manis, gurih, dan sedikit karamelisasi yang membuatnya begitu lezat. Oleh-oleh ini sering di jumpai dalam bentuk kue kecil berbentuk bulat atau lonjong yang terbungkus dalam kertas khusus. Ampyang Salatiga merupakan pilihan yang sempurna untuk di jadikan oleh-oleh atau cemilan yang bisa di nikmati bersama keluarga dan teman. Dengan kelezatan dan keunikan rasanya, Ampyang Salatiga memperkaya pengalaman kuliner ketika berkunjung ke Salatiga dan menjadi salah satu oleh-oleh yang tak boleh di lewatkan.

Baca Juga  Presiden Jokowi Mulai Lemparkan Sinyal Untuk Prabowo

3. Bakpia Pathok

Bakpia Pathok adalah oleh-oleh khas Salatiga yang terkenal dan sangat di gemari. kue  ini terbuat dari adonan tepung yang di isi dengan berbagai jenis isian, seperti kacang hijau, kacang merah, cokelat, atau keju. Setelah di isi, bakpia ini kemudian di panggang hingga matang dan memiliki tekstur yang lembut di dalam dengan lapisan kulit yang renyah di luar. Rasanya yang manis dan gurih membuat Bakpia Pathok menjadi camilan yang sangat di sukai oleh banyak orang. Oleh-oleh ini di jual dalam kemasan khusus.

yang membuatnya cocok untuk di bawa pulang atau di jadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Dengan cita rasa yang khas dan kelezatan yang tak terbantahkan, Bakpia Pathok menjadi oleh-oleh yang wajib di coba ketika berkunjung ke Salatiga.

4. Gethuk Kethek

Gethuk Kethek adalah oleh-oleh khas Salatiga yang memiliki rasa unik dan tekstur yang lezat. jajanan ini terbuat dari ketan yang telah di kukus dan di haluskan, kemudian di campur dengan gula merah cair. Setelah itu, adonan ketan tersebut di bentuk menjadi bulatan kecil dan di taburi dengan parutan kelapa sebagai topping. Gethuk Kethek memiliki cita rasa manis dan gurih, dengan sentuhan karamel dari gula merah yang memberikan kelezatan yang khas. Keunikan gethuk ini terletak pada bentuknya yang menyerupai kelelawar (kethek dalam bahasa Jawa), sehingga memberikan nilai tambah dalam segi estetika. Oleh-oleh ini cocok untuk di nikmati sebagai camilan tradisional atau sebagai oleh-oleh yang di bawa pulang sebagai kenang-kenangan dari Salatiga. Dengan keunikan rasa dan tampilannya, Gethuk Kethek menjadi oleh-oleh yang menarik dan patut di coba ketika mengunjungi Salatiga.

Baca Juga  Café di Surabaya Barat Yang Cozy Abis

5. Singkong Keju

Oleh-Oleh Khas Salatiga

Singkong Keju adalah oleh-oleh khas Salatiga yang sangat populer dan memiliki penggemar yang loyal. Terbuat dari singkong yang di olah menjadi adonan yang lembut dan manis, kemudian diisi dengan keju sebagai isian di tengahnya. Singkong Keju kemudian di panggang hingga matang dan memiliki tekstur yang kenyal di luar dengan keju yang meleleh di dalamnya. Rasanya yang gurih dan sedikit manis membuatnya menjadi camilan yang sangat menggugah selera. Oleh-oleh ini sering di jumpai dalam bentuk bulat atau lonjong dengan aroma wangi yang menggoda. Singkong Keju Salatiga menjadi pilihan yang sempurna.

untuk di jadikan oleh-oleh atau sebagai cemilan lezat untuk di nikmati bersama keluarga dan teman. Dengan kelezatan rasa.

dan kombinasi yang sempurna antara singkong dan keju, Singkong Keju Salatiga memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi siapa pun yang mencobanya.

6. Roti Wonder

Roti Wonder merupakan oleh-oleh khas Salatiga yang terkenal dengan kelezatan dan keunikan rasanya. kue  ini memiliki tekstur yang lembut dan empuk, dengan rasa manis yang menggoda. kue Wonder biasanya terdiri dari beberapa lapis roti yang di isi dengan selai kacang yang lezat, selai stroberi, atau varian rasa lainnya. Beberapa varian juga memiliki taburan keju di atasnya untuk memberikan sentuhan gurih. Keunikan Roti Wonder terletak pada bentuknya yang unik, seperti spiral atau bentuk geometris lainnya yang memikat mata. Oleh-oleh ini cocok di nikmati sebagai camilan atau di sajikan sebagai hidangan penutup yang lezat. Roti Wonder Salatiga menjadi pilihan yang tepat untuk oleh-oleh yang unik dan memanjakan lidah. Dengan cita rasa yang menggugah selera dan penampilan yang menarik, Roti Wonder Salatiga akan memberikan kenangan manis dari kota ini.

Baca Juga  Tempat Nongkrong di Malang Yang Unik

7. Kerupuk Godril

Kerupuk Godril merupakan oleh-oleh khas Salatiga yang sangat populer dan di incar oleh banyak pengunjung. oleh oleh  ini terbuat dari tepung beras yang di olah dengan tambahan bumbu dan rempah khas Salatiga. Setelah di aduk dan di uleni, adonan kerupuk tersebut kemudian di potong menjadi bentuk kotak atau persegi panjang dan di jemur hingga kering. Kerupuk Godril memiliki tekstur yang renyah dan gurih dengan rasa yang khas. Rasanya yang enak dan beragam variasi rasa, seperti pedas, original, atau bawang, membuatnya menjadi camilan yang di cari oleh banyak orang. Oleh-oleh ini dapat di nikmati sebagai camilan sehari-hari atau di sajikan saat acara kumpul-kumpul bersama keluarga dan teman. Kerupuk Godril Salatiga adalah pilihan yang tepat untuk membawa pulang cita rasa autentik kota ini.

8. Keripik Paru

Keripik Paru adalah oleh-oleh khas Salatiga yang memiliki cita rasa gurih dan tekstur renyah. Terbuat dari paru sapi yang di iris tipis dan di olah dengan bumbu rempah khas, keripik paru ini kemudian di goreng hingga kering dan renyah. Rasanya yang gurih dengan sentuhan rempah yang khas membuatnya menjadi camilan yang populer di Salatiga. Oleh-oleh ini memiliki keunikan dalam tampilan dan cita rasa yang menggugah selera. Keripik paru Salatiga dapat di nikmati sebagai camilan ringan atau di sajikan sebagai hidangan pendamping. Dengan kelezatan dan keunikan cita rasa yang di tawarkannya, keripik paru menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib di coba ketika berkunjung ke Salatiga.

Akhir kata

Nah itudia 8 daftar Oleh-Oleh Khas Salatiga yang dapat mimin bagikan kepada sobat tiktok di rumah dan dari rekomendasi oelh oleh di atas mana nih sob oleh oleh yang akan kamu bawak pulang terlebih dahulu ? Jika kamu mnecari rekomendasi tempat makan dan minuman kamu bisa kok cek artikel mimin lainnya hanya di siniya sob. Selamat mencoba 🙂