FIFA Hadirkan KTT G20 Bali United Ramaikan Liga 1 Bergulir

FIFA Hadirkan KTT G20

FIFA Hadirkan KTT G20, mendukung Bali United M Rahmat berharap kompetisi Liga 1 Indonesia bisa segera bergulir setelah sempat terhenti karena tragedi Kanjuruhan awal bulan lalu.

Harapan M Rahmat ini tidak terlepas dari kedatangan Presiden FIFA Gianni Infantino ke Indonesia untuk kedua kalinya menghadiri KTT G20 di Bali.

Rahmat berharap dengan hadirnya Gianni Infantino kali kedua ini memberikan kabar baru di sepak bola Indonesia dan turut mempercepat kembali bergulirnya kompetisi. “Sebagai pemain saya hanya berharap yang terbaik untuk kompetisi sepak bola di Indonesia segera terlaksana. Tentunya dengan sistem dan prosedur yang lebih profesional dari sebelumnya,” kata Rahmat dikutip Antara dari situs resmi klub, Selasa (15/11/2022). Kehadiran Infantino tersebut untuk memberikan hal positif terkait sepak bola Indonesia dan pria asal Italia itu memastikan penyelenggaraan kompetisi sepak bola dan event Piala Dunia U-20 2023 aman dan ramah untuk diselenggarakan di Indonesia.

Sebelumnya pada 18 Oktober lalu, Gianni juga hadir ke Indonesia yakni di Jakarta dalam melakukan kunjungan pasca tragedi Kanjuruhan awal Oktober yang memakan korban lebih dari 130 jiwa. Sejak saat itu, kompetisi Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 belum digulirkan sembari menunggu hasil investigasi. Kehadirannya kali ini pun memberikan kabar segar untuk memastikan kompetisi akan segera dimulai.

 

Satu-satunya dari Asia Tenggara, Kenapa Indonesia Bisa Jadi Anggota G20

FIFA Hadirkan KTT G20

Konferensi  Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali resmi di buka pada hari ini, Selasa (15/11/2022) FIFA Hadirkan KTT G20. Peringatan, Indonesia menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang masuk ke dalam daftar negara ktt g20/ Lalu kenapa Indonesia bisa jadi anggota G20?

G20 merupakan salah satu forum internasional paling berpengaruh di dunia. Pasalnya, semua anggota ktt g20 merepresentasikan lebih dari dua per tiga penduduk di dunia. Tercatat sebesar 75 persen perdagangan global, dan 80 persen lainnya sebagai sumber produk domestik bruto (PDB) dunia. Sebuah forum kerja sama multilateral yang beranggotakan 19 negara utama dan Uni Eropa (UE) ini menghasilkan kelas pendapatan menengah hingga tinggi. ktt g20 sendiei terdiri dari berbagai negara berkembang hingga maju.

Anggota G20 sendiri adalah Amerika Serikat (AS), Australia, Brasil, Argentina, Afrika Selatan, China, Kanada, Uni Eropa, Perancis, Jerman, Jepang, Italia, India, Indonesia, Meksiko, Arab Saudi, Rusia, Korea Selatan, Turki, dan Inggris. Total 17 Kepala Negara atau Pemerintahan turut hadir dalam KTT G20 yang tengah dilaksanakan di Bali. Lantas mengapa Indonesia bisa menjadi anggota G20? menentukan jumlah alasan Indonesia menjadi satu-satunya di kawasan Asia Tenggara yang bergabung dengan G20.

Alasan Indonesia Bisa Jadi Anggota G20

Indonesia resmi bergabung menjadi anggota G20 pada tahun 1999 silam. Saat itu, Indonesia masih dalam tahap pemulihan setelah krisis ekonomi yang terjadi pada 1997-1998. Kondisi Indonesia disebut sebagai emerging economy yang memiliki ukuran dan juga potensi ekonomi yang sangat besar di wilayah Asia. Selain itu, terdapat beberapa alasan lain mengapa Indonesia bisa menjadi anggota G20 seperti berikut:

1. Indonesia dinilai berpengalaman dalam mengatasi krisis ekonomi yang terjadi di kawasan Asia pada akhir tahun 1990-an.
2. Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia.
3. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbesar di dunia.
4. Indonesia menduduki peringkat ke 10 dalam daftar paritas daya beli (Purchasing Power Parity) di antara beberapa anggota G20 lainnya.
5. Indonesia menjadi kekuatan pasar baru (New Established Emerging Market) dengan jumlah PDB di atas US$ 1 Triliun. Sebagai informasi, G20 pafa awalnya adalah sebuah forum untuk sejumlah menteri keuangan dan bank sentral untuk membahas berbagai kebijakan dalam penyelesaian krisis ekonomi global yang melanda dunia.

Dikutip dari laman resmi Sherpa G20 Indonesia, terbentuknya G20 ini tak terlepas dari kekecewaan masyarakat internasional atas kegagalan forum G7 untuk mencari solusi permasalahan ekonomi global pada saat itu.

Awal Mula Terbentuknya G20

G20 pada awalnya, menitikberatkan jumlah upaya pembentukan sistem keuangan global sebagai salah satu kunci untuk merespon krisis global yang melanda dunia. Seiring dengan membaiknya ekonomi global, KTT G20 lalu memiliki sebuah yang lebih jelas, yaitu untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, dan juga seimbang.

Khusus untuk Presidensi G20 yang dilaksanakan di Indonesia, hal tersebut dilatar belakangi atas situasi pandemi Covid-19 yang membawa dampak sangat besar bagi dunia. Atas hal itu, G20 tahun ini mengusung tema \”Recover Together, Recover Stronger (Pulih Bersama, Pulih Lebih Kuat)\”.

Selain tema, Indonesia juga mengusung tiga isu prioritas yang menjadi poin utama dalam forum G20 2022 di Bali. Isu ketiga tersebut antara lain arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi digital, serta transisi energi berkelanjutan. Nah itu tadi beberapa alasan kenapa Indonesia bisa jadi anggota G20. Atas dasar itulah Indonesia dipercaya menjadi anggota G20 dan pada tahun ini KTT G20 dilaksanakan di Bali mulai 15 hingga 16 Oktober 2022.

 

Kompaknya SBY dan Megawati di KTT G20 Bali Dan FIFA Hadirkan KTT G20

Penyelenggaraan KTT G20 Bali hadirkan cerita menarik soal foto yang saat ini tengah viral FIFA Hadirkan KTT G20. Foto tersebut menunjukkan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri duduk semeja bersama Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

SBY dan Megawati hadir dalam Welcoming Dinner and Cultural Performance G20 Indonesia\’. Foto tersebut diunggah di akun Instagram politisi Partai Demokrat, Jansen Sitindaon, Selasa (15/11/2022).

Pada foto tersebut, Megawati dan SBY bahkan ‘kompak’ sama-sama mengenakkan batik berwarna biru. Di foto tersebut, tampak Megawati duduk di sampung Hamzah Haz. Sedangkan SBY duduk di samping Jusuf Kalla dan berada di seberang bangku Megawati. Sontak saja foto ini pun jadi viral dan banyak dikomentari oleh para netizen.

“Sehat selalu para pemimpinku, terima kasih untuk jasa2 mu,” tulis salah satu netizen.

“Keren ya, damai bgt. Ada bu mega, pak sby, pak hamzah haz dan my idol bp yusuf kalla… Tak lupa bp try sutrisno,” sambung akun lainnya. “Inilah wajah Indonesia sesungguhx.yuk jgn ada lg saling curiga, ” timpal akun lainnya.

“Tumben Mba Ega dan SBY satu meja, udah ya kayak gini aja terus semuanya, enak liatnya, adem,” tulis akun lainnya.

Selama ini publik mengetahui hubungan SBY dan Megawati naik turun. Awal konflik keduanya dimulai pada tahun 2003. Hal itu dikarenakan SBY yang saat itu Menko Polkam maju di Pilpres 2024. Aroma politik SBY untuk maju sebagai capres membuat Megawati yang saat kekekalan presiden mulai mengucilkannya. Maret 2004, SBY putuskan untuk mundur menjadi Menko Polkam.

 

Hari Pertama Puncak KTT G20 FIFA Hadirkan KTT G20, PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman

FIFA Hadirkan KTT G20
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di The Apurva Kempinski FIFA Hadirkan KTT G20, Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11). Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo memastikan seluruh infrastruktur kelistrikan hingga personel telah bersiaga untuk memastikan kelancaran acara yang dihadiri para pemimpin negara anggota G20 ini dengan menghadirkan listrik tanpa kedip.Darmawan pun memimpin langsung siaga kelistrikan dengan menyisir posko kelistrikan di posko pemantauan kelistrikan di Nusa Dua, Unit Pelaksana Pengatur Beban Bali, Unit Pelaksana Pengatur Distribusi Bali, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Gas (PLTDG) Pesanggaran, hingga Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) ITDC I Nusa Dua.

Dari hasil pantauan di lapangan, Darmawan menjelaskan beban puncak kelistrikan Bali saat pembukaan KTT G20 terjadi pada sekitar pukul 11.25 sebesar 833 MW.”Dengan daya mampu listrik kami mencapai 1,422 megawatt, kami memastikan pasokan listrik guna mendukung puncak KTT G20 dalam kondisi aman, termasuk kebutuhan energi primernya seperti gas, batu bara dan juga BBM-nya itu aman,” ucapnya saat meninjau posko di Nusa Dua, Selasa (15/11/2022).Selain itu, Darmawan juga memastikan layanan bagi ratusan kendaraan dari delegasi dan peserta KTT. G20 berjalan lancar. Tercatat, SPKLU yang digunakan saat ini sudah terpakai 35 persen dari total yang disediakan.

“Melalui kerja sama dengan Paspampres, kami bersyukur alur pengisian daya kendaraan listrik dapat berjalan lancar,” ucap Darmawan. Seperti diketahui, ada sekitar 66 SPKLU yang disiapkan PLN dan tersebar di beberapa lokasi seperti ITDC 1 dan 2, serta di Apurva Kempinski. Selain itu, terdapat 200 home charging yang siap melayani kendaraan listrik. Darmawan juga memastikan seluruh petugas PLN akan terus melakukan siaga untuk menjaga pasokan listrik hingga gelaran KTT G20 selesai.

Related Posts