Detik-detik Pemakaman Jenazah Eril

Detik-detik Pemakaman Jenazah Eril, Anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Detik-detik Pemakaman Jenazah Eril Jakarta,  Jenazah Emmeril Khan Mumtadz, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah diberangkatkan menuju lokasi pemakaman di Cimaung, Kabupaten Badung, Jawa Barat, Senin (13/6/2022).

Lokasi pemakaman sendiri berada di pembangunan Islamic Center. Eril akan dimakamkan tepat di sebelah Masjid Al Mumtadz, yang di desain langsung oleh Ridwan Kamil.

Prosesi pemakaman akan dimulai sekitar pukul 11.00 WIB, di mana jenazah Eril sudah diberangkatkan dari rumah dinas RK di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Lokasi pemakaman tersebut berada di Jalan Raya Banjaran-Pangalenganatau berjarak sekitar 30 kilometer dari Gedung Pakuan jika menggunakan Jalan Tol Soreang-Pasirkoja.

Pelayat di Lokasi Pemakaman Eril (detikcom/Wisma Putra)Foto: Pelayat di Lokasi Pemakaman Eril

Lokasi pemakaman Eril bukanlah pemakaman umum, melainkan untuk keluarga yang sudah disiapkan. Lokasi ini juga merupakan kampung halaman dari ibunda Eril, Atalia Pratatya.

Mengutip CNN Indonesia, sejumlah petugas terus mempersiapkan area permakaman almarhum Eril di kawasan Yayasan Islamic Centre Baitulridwan. Bahkan, alat berat pun diturunkan guna merapikan jalan masuk ke area permakaman.

Kondisi jalan sendiri tampak becek selepas diguyur hujan semalaman, sejak Minggu (12/6). Hal ini membuat petugas terus mengebut pengerjaan pemerataan jalan menggunakan pasir dan batu.

Untuk menyambut keluarga dan tamu, panitia telah menyiapkan dua tenda besar di lokasi.

Pelayat di Lokasi Pemakaman Eril (detikcom/Wisma Putra)Foto: Pelayat di Lokasi Pemakaman Eril

Sejumlah kepala daerah di Jawa Barat terlihat menghadiri prosesi pemakaman Eril. Mulai dari Bupati Bandung Dadang Supriatna, Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan, dan Bupati Karawang Celica Nurachdiana.

Eril sebelumnya dinyatakan hilang di Sungai Aare, Swiss pada Kamis (26/5/2022). Jasad Eril baru ditemukan di area pintu air Engehalde atau sekitar 3,2 km dari titik terakhir Eril terlihat, setelah dilakukan sekitar 12 hari pencarian yakni pada Rabu (8/6/2022).

Isak Tangis Keluarga Pun Pecah Saat Detik-detik Pemakaman Eril

Bandun, Suasana duka dan haru menyelimuti pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Keluarga dan para tamu undangan tak kuasa membendung tangis ketika jenazah Eril diturunkan ke liang lahat, di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (13/6).

Sambil menyaksikan proses pemakaman Eril, mereka terlihat menitikan air mata. Proses pemakaman turut diiringi salawat yang dilantukan oleh Muzzamil Hasballah.

Sebelum diturunkan ke liang lahad, azan dilantunkan di depan peti jenazah Eril. Para tamu yang hadir di antaranya rekan-rekan eril di Komunitas Jabar Bergerak Zillenial.

Saat ini, peti jenazah Eril telah diturunkan ke liang lahad dan dikubur. Nisan telah dipasangkan di atas kubur Eril.

Ridwan Kamil dan istri, Atalia, serta anggota keluarga lain tampak berpakaian serba hitam duduk di sebelah kubur Eril. Atalia sempat terlihat mengelap sudut matanya dengan tisu.

Proses penguburan masih berlangsung. Sebagai informasi, Eril hilang dan tenggelam di Sungai Aare, Swiss pada Kamis (26/5).

Setelah pencarian selama hampir dua pekan, jasad Eril ditemukan pada Rabu (8/6) pagi waktu setempat di area pintu air Engehalde.

Related Posts