Dahsyatnya Gempa di Turki

Dahsyatnya Gempa di Turki, Bencana Gempa berkekuatan 7,8 skala Richter melanda Turki Selatan pada Senin (6/2/2023) pagi tadi. Gempa di Turki itu menyebabkan kerusakan cukup parah. Sejumlah bangunan runtuh dan membuat penduduk berhamburan ke jalan-jalan bersalju. Melansir dari CNN, Pusat Penelitian Geosains Jerman (GFZ) menjelaskan gempa terjadi pada kedalaman 24 km (6 mil) di kota Kota Pazarcik, di Provinsi Kahramanmaras Turki. Tak jauh dari Kota Nurdagi yang terletak di dekat perbatasan Turki-Suriah. Gempa ini terjadi selama beberapa menit. Getaran gempa di Turki tersebut terasa hingga Siprus, Yunani, Yordania, dan Lebanon. Tak lama kemudian terjadi gempa susulan yang berkekuatan lebih kecil, yakni Magnitudo 6,7 yang mengguncang sekitar 11 menit setelah gempa pertama Dahsyatnya Gempa di Turki.

Dahsyatnya Gempa di Turki susulan itu tercatat berpusat di kedalaman 9,9 kilometer dari permukaan Bumi. Dampak gempa susulan itu dilaporkan turut dirasakan di wilayah Turki bagian tengah.

Gempa di Turki Sebabkan 109 Korban Jiwa

Akibat gempa di Turki, AFP melaporkan 109 orang tewas dan ribuan lainnya tertimbun dalam bangunan. Melansir AFP rincian korban paling banyak berada di Provinsi Malatya, di susul wilayah Urfa, Osmaniye dan di Di yarbakir. Jumlah korban tewas itu, menurut para pejabat Turki, masih bisa bertambah karena adanya kerusakan berat akibat gempa bumi kuat pada Senin (6/2) pagi itu.

Selain korban jiwa, sejumlah bangunan mengalami rusak parah. Berdasarkan video CCTV yang beredar di Twitter tampah sejumlah gedung bertingkat roboh usai gempa terjadi. Tampak kerusakan gedung sangat parah di beberapa lokasi. Petugas kebakaran dan ambulans terlihat sedang mencari dan menyelamatkan warga dalam reruntuhan bangunan. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memerintahkan tim penyelamat untuk segera di kirimkan ke area-area terdampak parah gempa.

Baca Juga  Buaya Mahakam ‘Antar’ Jasad Balita

Italia Rilis Peringatan Tsunami

Dahsyatnya Gempa di Turki

Otoritas Italia merilis peringatan tsunami untuk area pesisirnya setelah gempa bumi berkekuatan Magnitudo 7,8 mengguncang Turki. Warga yang ada di area pesisir di himbau untuk mengungsi di daratan yang lebih tinggi. Berdasarkan data yang di proses Pusat Peringatan Tsunami Ingv (CAT), Departemen Perlindungan Sipil telah mengeluarkan peringatan untuk kemungkinan gelombang tsunami tiba di pantai Italia.

“Di sarankan untuk menjauhi area-area pesisir, untuk mencapai daerah-daerah terdekat yang lebih tinggi dan untuk mematuhi indikasi dari otoritas setempat,” imbuh pernyataan itu. Dinas pemantauan pada pusat seismologi Eropa-Mediterania,mengatakan pihaknya masih menaksir risiko tsunami akibat gempa Turki 6 Februari 2023 itu.

Gempa Bumi Magnitudo 5,6 Guncang Jayapura

Awal tahun baru 2023, Indonesia sudah di sambut dengan gempa bumi. Gempa bumi Jayapura berkekuatan Magnitudo 5,6 dengan pemutakhiran M 4,9 mengguncang Kota Jayapura. Peristiwa Itu terjadi pada, Senin (2/1/2023), pukul 03.24 WIT. Staf analisis gempa bumi BMKG Wilayah V Jayapura Jambari mengatakan, gempa berlokasi di 2.58 LS-140.67 BT atau 13 km Timur Laut Kota Jayapura. Sementara itu kedalaman gempa sekitar 10 Km. “Gempa dirasakan Magnitudo: 4,9 pada 02 Januari 2023 03:24:33”, kata Jambari.

Gempa bumi Jayapura di rasakan di beberapa wilayah di antaranya Jayapura dan Jayapura dengan skala IV-Kota dan IV-Kabupaten. Jambari menambahkan getaran gempa yang di rasakan kebanyakan skala MMI IV “Skala IV artinya hanya di rasakan oleh beberapa orang. Tetapi tidak menyebabkan kerusakan atau kecelakaan. Benda-benda ringan yang di gantung bergoyang dan jendela kaca bergetar,”ujar dia.

Gempa Jayapura Sebabkan Barang Jatuh, Air Tumpah dan Genteng Rusak

Warga sempat panik saat merasakan getaran gempa bumi Jayapura. Sejumlah warga memposting suasana serta foto kondisi sejumlah bangunan usai gempa terjadi di twitter. Sony Benyamin warga kawasan Dok IX Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura mengaku getaran gempa cukup kuat. Ia dan keluarga langsung terbangun dan berlarian keluar rumah. Bahkan Sony mengaku beberapa barang rumah tangga terjatuh dari lemari penyimpanan.

Baca Juga  Denise Chariesta Akan Tobat Dan Meminta Maaf Ke Pada Istri RD

“Getarannya cukup lama semenit lebih. Kami kaget, bangun dan langsung keluar rumah. Kami tidak berani masuk rumah karena sempat terjadi gempa susulan,” kata dia.Hal serupa juga di katakan Risky, warga Pasir Dua yang mengaku air di bak penampungan yang ada di rumahnya sempat tumpah. “Gempa kali ini terasa sekali, Air tumpah. mudah-mudahan tidak ada gempa susulan lagi,” ujar Riski berharap. Sementara itu netizen yang bernama Johanes Limpuu mengeluh koneksi internet mati usai gempa. “Internet wifi di Polimak Jayapura, sejak kejadian gempa tadi malam mati total sampai sekarang.. apa cuma di sini aja ya?” cuit dia di twitter

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat dalam sepekan terakhir di wilayah Indonesia terjadi aktivitas gempa signifikan. Namun gempa yang cukup di rasakan masyarakat sebanyak 16 kali dalam berbagai variasi magnitudo dan kedalaman.

Update terus wawasan dan pengetahuanmu Sob. Baca videotiktokviral, Kamu bisa dapat info viral, berita terkini, gosip viral selebriti, info artis viral Indonesia, dan berita viral di sini.