5 Sekte Kiamat Sesat, Keberadaan sekte kiamat sesat di dunia kembali menjadi perbincangan hangat setelah Netflix merilis serial dokumenter “In the Name of God: Betrayal of Holly”. Kini satu persatu sekte sesat yang ada di masyarakat naik ke permukaan. ini dia 5 Sekte kiamat sesat yang pernah gemparkan Dunia. Tak hanya di Korea Selatan, sekte kiamat sesat juga banyak beredar di berbagai negara lain. Dari sekian banyak sekte sesat di dunia, beberapa di antaranya sangat setia dengan fenomena Hari Penghakiman.

Sekte yang fokus menghadapi kiamat ini di sebut juga sekte kiamat. Ini adalah aliran atau paham yang percaya akan datangnya penghakiman Tuhan. Mereka yang memegang pandangan ini percaya bahwa dunia yang jahat ini suatu hari akan di gantikan oleh yang baru. Di dunia baru itu, orang baik akan memiliki hidup yang kekal, dan orang jahat akan di hukum oleh Tuhan. Kultus kiamat sering termasuk kultus yang suka memprediksi bencana dan berusaha menghancurkan seluruh alam semesta. Ini karena genre ini percaya bahwa hidup semakin buruk.

5 Sekte Kiamat Sesat Dalam jurnal Lorne L Dawson tahun 1999 berjudul “When Prophecy Fails and Faith Persists: A Theoretical Overview”, secara umum kultus kiamat atau apokaliptik percaya bahwa kematian akan membawa pengikutnya ke dunia baru yang lebih baik. Karena tidak heran jika banyak sekte kiamat yang berakhir tragis. Dimana para pengikutnya, termasuk para pemimpinnya, mati bunuh diri massal dan lain sebagainya.

Baca Juga  Kasus Wowon Cs Penipuan Uang Dan Pencician Uang

Anggota kultus melihat bunuh diri sebagai cara bagi mereka untuk memasuki dunia baru yang lebih baik. Tidak hanya itu, beberapa sekte kiamat juga memiliki ramalan kiamat pada tanggal, tahun, dan waktu tertentu. Ketika ramalan kiamat sang pemimpin nihil, banyak pengikut setianya yang masih percaya dan menetapkan tanggal kiamat baru. Ini dia sekte-sekte kiamat yang pernah menghebohkan masyarakat.

Jepang – Aum Shinrikyo

Jepang memiliki Aum Shinrikyo yang menggemparkan dunia. Di dirikan sekitar tahun 1980-an, sekte ini adalah kelompok spiritual yang memadukan unsur-unsur Hindu, Buddha, dan Kristen pada Hari Penghakiman. Pendirinya, Shoko Asahara atau Chio Matsumoto, memproklamirkan dirinya sebagai Kristus dan “pencerahan” sejak Buddha. Kelompok tersebut percaya bahwa akhir zaman sudah dekat. Mereka juga percaya bahwa dunia akan berakhir dalam perang global. Sekte ini juga percaya bahwa hanya mereka yang bisa selamat di akhir zaman.

Pada tahun 1995, sekte tersebut mengejutkan dunia dengan serangan gas saraf yang mematikan di kereta bawah tanah Tokyo. Pada 20 Maret 1995, anggota kultus Aum Shinrikyo melepaskan gas sarin di kereta bawah tanah Tokyo. Mereka menghancurkan kantong gas saraf ke gerbong kereta yang melewati wilayah ibu kota. Serangan itu menewaskan 13 orang dan melukai ribuan lainnya. Beberapa bulan kemudian, beberapa anggota sekte menggunakan gas hidrogen sianida untuk melakukan serangan serupa di beberapa stasiun kereta bawah tanah. Semuanya berakhir dengan kegagalan. Lusinan anggota sekte tersebut akhirnya di hukum, sementara 13 orang, termasuk pemimpin Shoko Asahara, di jatuhi hukuman mati.

Uganda – Movement for the Restoration of the Ten Commandments of God

Ada juga gerakan Pemulihan Sepuluh Perintah Allah dari sekte kiamat Uganda yang juga menggemparkan dunia. Denominasi ini di dirikan pada 1990-an oleh Katolik Roma Joseph Kibwetere, pendeta Dominic Kataribaabo dan seorang pengusaha yang mewakili Cledonia Mwerinde. Organisasi percaya bahwa akhir dunia akan datang pada tanggal 31 Desember 1999. Ketiga pemimpin itu pun memerintahkan para pengikutnya untuk menjual semua harta benda mereka dan menunggu akhir dunia.

Baca Juga  Terkini! Viral Pengobatan Wanita Dayak Instan Tanpa Biaya Dengan Jangka Waktu Yang Singkat Sungguh Luar Biasa

CBS News mengutip bahwa ketika akhir dunia belum tiba setelah tahun baru, para pemimpin sekte menetapkan tanggal baru, 17 Maret 2020. Pada tahun 2000, sekte tersebut menimbulkan kehebohan setelah lebih dari 530 pengikutnya terbunuh. Mereka di bakar hidup-hidup di sebuah gereja yang terkunci di wilayah Kanungu. Selain itu, ratusan mayat di temukan di bawah rumah pemimpin.

Korea Selatan- Dami Mission

Sekte muncul dan jadi fenomenal awal tahun 1990an. Sekte ini muncul dari ramalan seorang pendetan bernama Lee Jang Im soal kiamat. Ia meramalkan akhir dunia akan terjadi pada 28 Oktober 1992.Di perkirakan 20.000 orang di Korea Selatan mempercayai pesan Lee Jang Im. Gara-gara itu para Jemaat rela berhenti dari pekerjaannya, tidak bersekolah. Bahkan beberapa melakukan aborsi, hanya untuk mendapatkan restu pendeta untuk masuk surga saat kiamat tiba.

Dalam waktu empat tahun sejak pendiriannya, Lee telah membuka 92 cabang gereja di Korea dan sekitar 40 di luar negeri, termasuk Amerika Serikat. Namun, sebulan sebelum karnaval seharusnya berlangsung, Lee di tangkap atas tuduhan penipuan. Meski di tangkap, sekitar 1.000 pengikutnya muncul di markas gerakan di Seoul, menunggu akhir dunia di mulai.

Swiss, Perancis dan Kanada- Order of Solar Temple

Pada 1980-an, sekte Order of Solar Temple menjadi populer di Swiss, Prancis, dan Kanada. Ordo ini di dirikan di Jenewa, Swiss pada tahun 1984 oleh Joseph Di Mambro dan Luc Jouret. Sekte ini mempromosikan kepercayaan hari kiamat dan berhasil menarik banyak anggota. Namun pada 1990-an, pejabat Kanada mulai mengendus kemungkinan kekerasan seksual di kalangan sekte tersebut.

Sejak itu, anggota Order of Solar Temple telah pergi satu demi satu. Pada tahun 1994, seorang pria yang secara terbuka mengkritik sekte tersebut di bunuh di rumahnya, bersama dengan istri dan bayinya. Beberapa hari kemudian, dua bangunan Order of Solar Temple terbakar. Penyelidik menemukan 48 mayat di dalam gedung.

Baca Juga  Kasus Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Lia Eden – Indonesia

Nama Lia Eden menjadi sorotan di mana dia mengaku sebagai Bunda Maria dan mendapat wahyu dari Jibril. Pengikutnya ada sekitar 100 orang yang terdiri cendekiawan, artis dan para pelajar. Dia melanjutkan ajaran 3 Agama Samawi, Yudaisme, Kekristenan, dan Islam, kemudian menyatukannya dengan agama-agama besar lainnya termasuk Buddhisme, Jainisme, dan Hindu di Indonesia. Pemimpin dari sekte ini pernah dua kali di penjara pada 2006 dan 2008 karena di anggap menistakan agama. Majelis Ulama Indonesia memfatwakan Lia Eden menyebarkan aliran sesat dan melarang perkumpulan Salamullah

Penutup

Nah itulah berita terupdet yang dapat mimin bagikan kepada Moms di rumah. dan jika Moms di rumah masih penasaran dengan berta lainnay Moms bisah kok cek artikel Mimin lainnya kok moms. nah sampai di sini dulunhya moms pembahasan kiat kali ini dan sampai jumpa di artikel mimin lainnya 🙂